Sabtu, 01 Desember 2012

Kucing-kucing Liar Rumah ku...

Ada dua mahluk yang bisa membuat ku senyum2 jika melihat na, yakni anak kecil yg lucu dan kucing.

Yak kucing... ane pecinta kucing, thx to Allah yg sudah menciptakan mahluk berkaki empat berbulu yg tampang na cuute! Itu selalu hadir dikeseharian ku...

Alasan kenapa suka kucing?
Kalo ditanya kenapa suka...mmm apa ya, muka mereka dan tingkah mereka menurut ute sesuatu yang lucu, apa lagi face mereka aiiih cute!. Satu hal lagi yg membuat ane suka, tatapan mata mereka. Dengan mata bulat pipit dikedua ujungnya dan pupil yg berbentuk elips tipis bisa menghasilkan tatap2an unyu... Kadang tatap minta dikasihani, tatap butuh kasih sayang, tatap benci kadang membunuh juga bisa dan... ehem... tatapan minta diajak ngobrol wkwkwk. Yang pasti kucing bisa dibelai!!

Biar amat suka na saya sama kucing namun... Ute gaga bisa memelihara padahal peeengen banget! Lantaran emak gaga suka mahluk berbulu iku tinggal dirumahnya. Emak percaya banget kucing mengandung virus yg bisa bikin Mandul!. Uda rayu serayu-rayu na gag pernah dibolehin...

Hehe lagi2 Allah berbaik hati, walau tidak bisa memelihara tapi ane seakan selalu dikelilingi kucing2 unyu. Karena Dirumah banyak sekali kucing liar yg datang silih berganti. Salah satu mereka pasti menyantroni rumah ku dalam retan waktu tertentu. Iki jadi semacam semi-pelihara lah.

Kucing2 liar iku punya fisik, watak, kebiasaan dan cerita berbeda2. Maka dari mereka ute beri nama. Melalui tulisan iki ute mau bernostagia kucing2 liar yg pernah bertengger dirumah yg datang tiba2 dan pergi na sebagian besar begitu saja... Macam jelangkung ajah nyo...

1. Is
Neko (anak kucing) berbulu belang tiga putih kuning hitam iki entah kenapa tiba2 ada dihalaman rumah dengan keadaan yg mengenaskan. Masih 1 or 2 minggu keknya umur na, saat iku ute masih kelas 6SD. Awal pertama yg ute lakukan ke dia kasih susu jatah ane dan bersiin belek na, iku neko pasrah tanpa perlawanan.
Karena sering datang kerumah, so ute dia kasih nama...mmm neko cewe enak na kasih nama apa yaaah... Karena dia sesuatu yg sendiri ute kasih nama is deh (partikel dlm english).
Lambat laun aku selalu kasih IS makan, yaa gaga jelas c kasih makan na, sesempat ute. Dia akhinya terbiasa dengan IS nama pemberian ku, setiap ute sebut IS langsung deh dia menghampiri. Salah satu tempat favorit dia di rumah yaitu belakang kulkas, entah kenapa dia suka bobo2an di situ, maybe karena anget kali yaa. Entah berapa lama kebersamaan ute ama Is. Sampai saat disuatu tanggal *lupa, IS dari pagi ampe sore dia main dibelakang kulkas itu terus sampai ute pulang sekolah, dia pun tertidur disitu, hingga malam juga masih tertidur, sengaja ute elus. 

Lho kok IS kaku?
Ternyata Is
mati...
Hiks, sedih nyo...




Dibantu sama kakak ute gali lobang untuk kubur IS. Kakak libat dia dengan anduk kecil dan dikubur di halaman rumah. IS selamat tinggal nyo, kau yang lucu...tdk hiperaktif... Tenang ya~, pasti disana banyak tempat hangat yang lebih nyaman dari pada hanya di belakang kulkas. Ute cuma bisa taburin kuburan IS pake daun yang ku potek2 sendiri karena sedih... Now bekas kuburan IS sudah ditanam pohon sawo. Pohon sawo iku untuk ukuran pohon sawo bisa dibilang kate macam sayah. Namun pohon na subur dan berbuah banyak, manis pula buah na... Apa gerangan gara2 fosil IS yang tertanam di dalam na ya...?

Yaa sedih ku gaga berlarut lama...sebab iku memang sifat ku... Dan tuhan mengirim ku kucing yg lain....

2. 'X'

Yaah X bukan bearti tuh kucing titisan X-japan ye wkwkwk. X dimaksud lantaran ute lupa nama iku kucing, cuma inget tampang duang hehehe. X kucing remaja berbulu tunggal yaitu putih dan berkalung satu bell besi. Ya pastinya dia kucing peliharaan orang lain. Dia mampir di teras rumah karena hujan sore iku pas saat ute pulang sekolah, saat iku ute SMP kls 1. Karena kedinginan dia ngegeloso di kaos kaki ute yang memang sudah rada demek. Mmm lucuuu dia mainin kaos kaki ku... Dan bergulat sendiri. Pas malem hujan memang sudah reda tapi udaranya makin dingin. Salah satu kakak ku bilang ke aku kalau ada kucing di depan kedinginan. Dan ute teringat, langsung inisiatip ambil kardus yang dialasi kain topo dan ute taruh dia didalam kardus itu...pengen sih dibawah ke dalem, tapi takut emak marah... Dan ute tinggal deh...

Esok pagi nya dia sdh tidak ada dikardusnya... Myuu ute kecewa cepat sekali dia pergi dan berpikir mungkin sudah ditemukan majikannya...yasudalah ute berangkat sekolah.
Sepulang sekolah ternyata ada kucing putih yang lagi krasak krusuk di halaman, 
Yatta!! Ternyata sih X dan dimulai lah babak kucing baru dirumah ku... 
~~`` ~~Engingeng~~ ``~~~
Keseharian menyenangkan. Dia ternyata cuma suka makan ikan duang, lain dengan IS yang tidak pemilih. Naah X sering kumandikan, abis dia tidak takut air, jadi enak dimandiin. Eh jd inget the first bath na, saat itu ute dapet 2 jeweran dari emak. Jeweran pertama gara2 ute mandiin dia dibak cuci piring wkwkwk...mang gaga punya otak ane hehehe, gara2 emak marahnya bener2 surprise! Bikin si X loncat kebawah dengan badannya yg masih basah kuyup, hal hasil becek becek kemana-mana, lantaran takut emak lebih naik pitam lagi ane langsung ambil anduk ane untuk lap si X dan maaaAAAak!! malah dapet jeweran ke 2. Yaaa iyaa lah anduk manusia dipake buat kucing!

Ada kebiasaan X yang bikin ane kaget, dia kalau pip dan pup selalu di wc, waaah hebat majikan na bisa melatih. Yaa alasan iku juga emak rada bisa nerima X.
Menyenangkan lah hingga sampai saat ute ada urusan keluarga ke Bogor selama 3 hari... sepulang na ute dari Bogor, ute dah gaga ketemu X lagi...hiks, kangeeeeen.. Maybe kemarin-kemarin X selalu mampir kek na tapi karena gaga ada org maka na dia pergi... Ute dah berusaha cari...
Yaaa datang tak disangka maka ute juga gaga boleh menyesali kepergian na, bye X kau kucing liar tercerdik yang pernah ute kenal nyo...semoga saat iku kau kembali kemajikannya yaaa...

Hari berselang maybe sudah banyak kucing2 liar berlalu lalang namun ute mulai intend kembali dengan kucing liar yang satu iki...

3. GD (gus dur)
Sebelumnya, ane tidak ada niat menghina hanya kemiripan nama yeee...
Saat ute duduk dibangku SMU kelas dua, ntah dari mana asal na tahu2 ada seekor kucing betina dengan wajah tirus, muka na elegan deh tapi sayang mata na buta.
Ute pertama liat...hue mata na buta di keduanya. Awalnya karena kasian, tp hebat na kucing iku... Dia tidak berlaga seperti kucing buta, dia mandiri kek na dia punya indra lain pengganti matanya walau kadang sering kejedug.

Maaf dg berat hati kucing iku ute namakan gusdur(GD) sebab terinspirasi dengan bpk. Gus Dur yang saat itu menjabat sebagai presiden RI menggantikan Megawati. Dia jarang masuk kerumah hanya main dilataran saja.
Nah ada peristiwa lucu... Waktu ute mau kasih ikan dan dia dengan nalurinya tahu walau dia terletak jauh. dengan gagah nya dia lari menuju ku tapi...
BLETAK!!!

Dia nabrak tiang kursi
Wkwkwkwk... Akhir na ane yang nyamperin dia...

Dan ada kejadian lucu lagi...ditahun yang sama, rumah ane kebanjiran. Genangannya ampe sedengkul!! Beuuh! kebayang dah repotnya pindah-pindahin barang sampe gaga ngah keberadaan kucing liar.
Saat nunggu kenangan air surut, terdengar dari halaman samping jendela :
eMmmeeooo~oong...*nada menggigil

Sumpah suara menggilnya lucu bgt... Aihhh saya baru sadar GD dengan bulu basah lagi nyangsrang dan kaki menjuntai, kocak deh... tapi paling kocak meong-an na pake nada menggigil iku.

Tapi yaaa gitu lagi2 GD seperti kucing liar yg lain, menghilang tanpa jejak. Aneh na GD menghilang tidak lama dari presiden Gus Dur mundur. Ute masih ingat tampangnya anggun, warna bulunya putih hitam abu2...

Yaak masa GD usai berganti dg...

4. Babe
Kucing gempal, berbadan besar berbuluh putih abu-abu bercampur hitam sedikit dengan suaranya yang nge BASS!!

Iki sebenar na kucing musuh emak ute, sual na dia jenis kucing pencuri! Wkwkwk
Babe gaga kaya kucing liar yang ute ceritakan sebelum na, kucing ini mang rada ngeselin tapi gara2 sifat dia yang ngeselin, jadi lucu...

Babe kucing liar yg sudah dewasa mmm kek na sekitar 3-5tahun umur na, maka na ute kasih nama dia BaBe... Uda bangkotan sual na wkwkwk...

Babe klo jalan beeeuh nyantai bet...lenggak lenggok lemak badan na mengikutin irama dia jalan. Dia iku jaraaaaaang banget berlari, tapi klo uda rali ...bet-bet-bet kaya defles! Cepet gile.

Keahlian dia adalah...mencuri! Dia iku pintar menyusup, tahu2 ikan dah ilang ajah dan kita tinggal liat bokong dia dijalan sana yang berlenggak lenggok sambil bawa ikan curian...et dah!
Jika penyusupan dia ketawan...mmm dia dengan cepat ambil curian dan langsung pegi...ckckck dan kalauu kita lebih dulu sigap dengan sapu ditangan pukul badan dia...ouu dia dgn santainya hanya merem melek merem melak berjalan dengan santai macam gaga peduli pukulan kita...ngeledek dah! Wkwkwk ngeselin kan...tapi lucu!
Kayak na moto babe hidup dengan santaaaiii tapi serius dengan kesempatan...(Kesempatan mencuri...)
Tapi dibalik iku dia penyayang...walau kadang penyendiri...mmm ute curiga dia belom pernah bercinta dah! Hohoho... Pejaka lapuk babe!
Ute pernah liat dia mau berantem... Dengan meongan dia yg nge-Bazz banyak kucing yang emoh cari perkara sama dia... tapiiii....taaaapi.... Babe takut Tikus!...ckckckckckck...mafia menyalahi kodrat iki!!!

Babe walau kau bukan tersayang, tapi kehadiran kau di rumah ute bisa buat bahan obrolan seru...sampai kau berpetualangn ke tempat lain tanpa berpamit... Babee semoga ditempat lain kau menemukan cintaaa yaa...

Ada kucing yang misterius, mata na hijau indah bulunya abu-abu mengkilap. Keren deh dan postur tubunnya langsing...bagian paru rada besar tapi bagian perut langsing...keren! Sampe pengeeeeeeen bangeeet pelihara. Karena postur tubuh yang demikian mirip cheetah (macan tutul yang langsing) maka ute beri nama dia...

5. Ceta
Ceta termasuk kucing yang pendiam, dia jarang sekali bersuara, sampe ane kira dia bisu. Ute temukan dia yaaa tahu2 dia sudah bertengger di halaman begitu saja. Ceta jenis kucing petarung...suka berantem, emak sering nyiramin aer ke kucing2 berantem iku... Tampang na euuu jangan dikata GUANTENG!! Tatapan mata na lah yang keren...
Dia gaga pernah meong2 minta makan... Dia cuma duduk tegak di pager ute or di kursi depan ute... Masuk rumah pun sesekali jaraaang!. Ceta memang lebih suka cari makan sendiri dan dia bukan tipe kucing yang suka dimanja.
Ute sering elus dia berkali2, yaa dia memang tidak menolak namun gag lama dia langsung bangun lalu pergi. Ceta kucing mandiri maybe menurut dia hidup adalah perjuangan. Secara fisik dia layak banget jadi kucing peliharaan yang keren, warna abu2 pekat iku kan jarang ada. Dia kucing yg susah untuk dikekang karena dia si jiwa bebas dan mandiri... Unik yaaah....ternyata Allah menciptakan mahluk2 na semua berhati serta memiliki kekhasan sendiri-sendiri....

Tidak heran kalau ceta tahu2 hilang, yaa memang sudah dasar sifatnya... Sepergi ceta dan ute masuk dunia kerja tidak memperhatikan lalu lalang kucing2 liar di rumah dan ane pun mulai lupa dengan hobi ngucing ku... Hingga suatu saat ute bertemu neko yg amaaaat menyukai kucing dan dia mengenalkan ku dengan sosok kucing yang akhirnya membuat ku mabuk kepayang...

6. Shiraou
Hahaha kucing iki bener2 dah the best kucing...semuaaa sipat kucing yang ku impikan ada di DIa...
- gempil
- imuut
- berbulu bersih, sederhana
- penyayang
- berwibawa
- punya ciri khas yg lucu : selalu merem wkwkwk gemez!

Ada c sipat dia yg ute kurang suka :
- pemalas dan kadang cuek bebek

Namun klo kesemua iku dipadukan jadi lah kucing bernama shirou yg amat menggemaskan!
Kadang membuatku mabuk kepayang wkwkwkwk

Tapiiiiiiiiiiiii....
Dia gaga bisa disentuh, cuma bisa dipandang karena dia bukan bertengger di rumah ute melainkan di jepun!!!
Guanteng na shiroooo!!!!

Hahahahahaha.....
Next takut ntar OT...

7. Oong...

Kira2 kenapa ute kasih nama oong untuk kucing belang dua (hitam-putih) iki.
Yaa pasti karena sifatnya yg songong!
Sumpah iki kucing tampang pengen ditabok... Tatapan na ngerendahin org banget! Wkwkwk... Tapi tetep kok dia seekor kucing yang dikasih plastik bakalan girang dan penasaran. Saat itu gaga sengaja ada plastik terbang ke muka dia yang lagi santee di keset depan pintu, tahu2 dia kalang kabut ama tuh plastik dan bergusel hebat hanya dengan sebuah kresek wkwkwk kawaaaiiiii ternyata si oong ada sisi cute na jugaa...><...
Keset teras depan merupakan tempat favorit oong, dia suka berleha-leha sampei tidur disitu.
Yaa sesuai nama nah iki kucing songong juga hobi mencuri... Suka banget naik2 keatas meja! Dan bikin emak panas. Dia kalau dipungkul di bembeng di gesuh2 tetep aja ngeyel bandel gaga mau nurut...cuek ajah...kita harus gendong dan bawa dia keluar! Songong banget kan.
Ute jadi ingat c babe, si master mencuri, sama kek oong suka mencuri tapi tetep elegan si babe kalo sedang beraksi...
Dan salah satu unik na si oong, demen ngerumpi!
Dia tuh seneng banget nimbrung di antara orang-orang yang ngobrol. Macam kek ikut dengerin ajah seakan-akan dia ngerti lah wkwkwk dasar cowo rumpi deech!

Sejalan waktu oong masih tetep ada sampai sekarang cuma jarang2 nongol. Kadang hilaaaang, eh tahu ada lagi...

Oong memang belum sepenuh na meninggal kekuasaan di halaman rumah, tapi ada kucing liar yg menarik perhatian ku...

Kucing belang putih abu2 berbadan gempil, perawakan na santai dan suka merem aiihhhh melihat na membuat mataku berbinar! Mengingatkan aku akan sosok kucing idaman ku...


Shiiiiiiirrrroooooooooouuuu!
*mengejar tuh kucing

8. Shirou KW / Kiba
Ute kejar iku kuciiiiiing dengan perlahan...jangan sampe ilang jejak, jangan sampe ilang jejaaak....dan HAP!
Akhir naa tertangkap, ute keluarin dan jurus andalan menarik perhatian kucing...awal na kepala sampe kuping na ute elus dan dibawah dagu na, lanjuut...Eh! dia terlenaaaa...
Yess!

Walau beda warna bulu tapi...
Aihhh bener2 perawakan dan tampang na mirip shiraouuu uuh pengen sayah peluk! Apa bawa pulang ajah?!!

Yaa karena sdh malem, jam 10-an dengan berat hati ute tinggal, namun sebelumnya berdoa, semoga bsk ketemu dia lagiiii!

Keesokan na...
yatta! Ketemu dia lagi... Kali iki dia bertengger dipager tetangga ku dengan gaya mata merem pasti naa, lagi2 mata ku berbinar...tanpa basa basi "shiirooouuu" teriakan keluar dari mulut ku! Dan ute elus2 dan dia menikmati sekali...tapi eh kok kabur.... Yaaah jauh kabur na....lesu sayah...

Keesokan lagi...yaaah gaga liat dia... Kemana yaaa, fyuuh~
Saampai kesokan lagi jugaaa...myu

Keesokan lagi....
Bah! Ampe saya kucek2 mata...kok ya tahu2 dia lagi merem ayam di atas mobil.
Shiraouuuuu!! Kok kemana ajah naak!!!
Emak : "ada siapa tet?"
Ane : "enggak kucing"
Emak : "gag boleh pelihara"
Beeh siapa lagi yang mau pelihara, emak belum ditanya uda pasang forbeden ajah!.
Aih senangnya tapi ute harus berangkat kerja...

Sejalannya waktu, lama2 shirou KW tidak seperti yang kuharapkan dia sering kabur melihat aku, padahal ute memperlakukannya dengan amaaat istimewa, dan membuat ku sakit, dia menatapku dengan tatapan takut! Berubah tatapan ingin menyerang Seakan ute mau celakain dia. Hai kau kenapa? apa ute seperti tampang pembunuh?

Sedih disangka begitu sama shirou... Kecewa berat!
Namun dibalik iku, ute sadar ute yang salah, gara2 terlalu obsesinya dengan shirou ute memperlakukan dia seperti shirou, membuat dia mengerjakan hal2 seperti shirou, padahal dia bukan shirou dia kucing lain.
Aku yang kejam sebenar na...maaf shirou kw....

Akhir na ute memutuskan untuk ganti nama dia, dan tanpa alasan ute beri panggilan kiba... Nama tanpa alasan tanpa arti.... Pas kesempatan ketemu dia, pelan ute deketin tanpa menyentuh dan aku bilang ke dia... Now nama kau kiba!!

Tapi memang keajaiban nyo... lusanya, Hari minggu pagi masih gelap sebelum ute berangkat joging dia ada didepan rumah, merem melek seperti biasa. Ute panggil dia...
"Kibaaa...kibaaa"
Dia bangun... Tidak ada lagi tatapan asing... Dan langsung ku elus... Dan dia menikmati...
Asli ute meneteskan aer mata...
Ternyata kucing benar2 punya perasaan... Maaf sudah memaksa kau jadi kucing lain...
Iki suasana terbiru dengan kiba dan suasana iku suasana terakhir dengan dia. Kiba gaga muncul lagi  sampe sekarang...
Menyesali? Tidak... Ute akan menyesal jika dia pegi sebelum ute menyadari keegoisan ute...
backt to shirou asli... NO KW!

Pegi satu datang yg laen...

9. Kulang


Lagi2 rumah ku jadi persinggahan kucing yang nyasar... Entah apa daya tarik rumah ute iki.
Pasca kepergian kiba datang seekor kucing putih didepan rumah sambil mengeong-ngeong membuat ku girang.

ku elus2, kucing putih berkalung bel jadi inget sama X, bulu na kalungnya sama kasian, kau ilang dari rumah yah?
tampak na dia kelaparan ute kasih lah...
adu apa yaa...? Cuma ada telor ceplok...
Yasudah ute kasih ajah, ternyata...
Lahap! Dia makan na....eh ngeong geh minta nambah...
Gomen kucing ute kerja dulu...

Hari berikutnya dia datang dan masuk rumah...huee! Panik! Sebelum emak berkoar, ute gesu... Dan dia menurut...

Berganti hari dia selalu datang pagi2. Ute tanya sama emak, klo siang memang dia gaga keliatan.
Klo ute perhatikan dia kucing yang santun, sopan dan gag mau nyari masalah. Klo kita bilang keluar, ya dia keluar, klo kita bilang jangan, yaa dia berhenti...wew majikan na seperti sudah mengajarkan dia dengan baik, myuu pasti sang majikan sedang gelisah cari kucing na...
Hari ke hari kucing iki makin menunjukan etika na. Pantes emak gaga protes iku kucing masuk kerumah, selain jadi mainan ponakan ane, emak merasa aman taruh makanan, sebab dia gaga akan menyetuh iku makanan, klo dia pengen paling dia liatin duang sambil ngeong-ngeong-ngeong...
Naaa ane jadi mule biasa ada dia...malah tiap melek mata menanantikan ngeongan na dan membuka pintu untuk na...

Yaaa pengen gaga mau terlalu jatuh cinta, lantaran iku kucing orang, tapi hehehe apa daya...
Terleeenaaa sama ke lucu-an na...
So seperti biasa nama e... Mmm apa ya...karena dia adalah kucing ilang jaddii...
"Kulang"
Yaa mulai saat iku ute panggil dia kulang...

Kulang sang kucing beretika...makan na milih2, dia gaga suka makanan berbumbu sekalipun iku ikan dan daging... Dia malah lebih memilih tempe sama tahu bahkan kerupuk wkwkwkwk...
Yg heran na lagi juga suka roti! Dan lebih unik lagi lebih memilih rengginang (kerupuk dari nasi kering yang dijemur)...wkwkwk
Iki majikan na kasih makan apa yee sebelum na, kenapa seleranya jadi unik ginih!

Kulang suka kagetan, klo dia kaget dia bakal berdiri ampe bulu2 na dan melengkung badan na...

Hal sangat indah tiap pagi, dia selalu menunggu di depam pintu kamarku menunggu ute pakai baju. Seperti yang ute bilang, dia beretika dan tahu kamar daerah terlarang untuk dimasuki... Dan satu hal lagi, dia juga suka nongkrong di depan wese...entah apa alasan na hehehe....

Kilang termasuk kucing manja, kadang dia memasang diri minta dibelai klo kita sibuk or cuekin dia, langusung deh dia ngegoloso2 dikaki kita...
Kucing BT! (Butuh tatih tayang)nyenye...

Nah ada kejadian lucu, saat ute mau kasih makan dia, karena ubin rumah sudah dipel maka ute ajak dia keluar dan ute taruh lah makanan iku, wew dengan girang dia berlali menuju makanan iku ....
BUUK!!!
Yaaaaaaaaaaah....!
Dah kesamber duluan sama oong!
dasar Oong!
Walau mereka sempat adu kepala, kulang lebih mengalah dan Oong berlalu begitu saja.
Bah kulaaaaaaaang pejantan apa kau wkwkwk...
Kulang klo diibarat kan sama cowo... Dia iku cowo metropolis, dia berbadan tegap, gaga suka yang kotor2, gag suka ma perkara.
Selepas makanan dia diambil oong eh dia natap ane sambel ngeong2... Kek na dia ngadu... Makanan na diambil. Maka na kulang jadi cowo yang sigaaap nyoo...

Kulang sampai saat iki mash bertengger di rumah ku... Pengen mandiin dia ah jika ada senggang...

Usut punya usut, kulang ternyata punya tetangga, namu c majikan iku sudah repot dengan hidup barunya, so kulang tak terurus...
OK kilang bermain sajah dirumah ku yaaah...

Kilang : meeoooong!

Oke who the next??
*tendang oong yg bandel...










 Syukuriiin!! bandel!










Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar