Selasa, 22 Oktober 2013

Cay's Vacation Jalan-jalan ke Kota Tua - 22 September 2013 (part 3)

6. MENARA SYAHBANDAR
Menara syahbandar iki merupakan titik nol Batavia dan bangunan tertinggi pada jamannya dulu. Menara berlantai 3 dan 1 loteng iki berdiri hampir 300 tahun dan menara iki miring lhooo. Yaa mungkin ada perubahan struktur tanah di Jakarta mengakibatkan menara miring ke arah muka menara. Maka na bisa dibilang menara Shaybandar adalah menara Pisa na Jakarta lah hehehe. Terakhir dari ane pernah kesini, keadaa Menara jauh lebih baik, saat iki  baru dicat dan diberi fasilitas duduk, jadi makin betah dah disini. Tapi ada yg ane sayang kan, sekarang sudah tidak ada lukisan besar yang terdapat dilantai dua.
Butuh perjuangan iki naik ke lantai paling atas, secara kita memang sudah cape. Tapi karena kira masih semangat so kita para emak dan tanteh na juga harus semangaka! naik! 1 2 3 1 2 3 1 2 3...
Yak!
Sampaaaii... Berhasil!
Weehhhh seeerrr banyak angiiiinnn...

Iki pemandangan naaa...



Tuh terlihat pelabuhan yang terkenal di Asia Tenggara saat iku. Pelabuhan Sunda Kelapa. Gerbang masuk na kekuatan asing yang akhirnya menjajah kita lebih dari 350 tahun. Yaa tapi iku lah garis hidup. Kalo gaga ada gerbang iki mungkin bangunan-bangunan di Kota Tua iki tak akan pernah ada dan cerita heroik-heroik juga tak sedramatis yang tertulis sekarang dan mungkin diantara kita tidak ketemu....

Asik makan angin, langit semakin redup, kita memutuskan turun kebawah....

Habis nanjak dan nurun enak na makan sesuatu... Yak es buah!
Tapi karena perut sudah gaga nahan lantaran es buah na tak kunjung datang so... Spagetti buatan Rain jadi santapan... Abis Kira gaga dihabisin jadi diabisin ma mama dan para tanteh na wkwkwjwj... Spagetti penyelamat perut... Tapi kek na kurang hehehe...

Es buah datang. Di deket museum bahari memang ada tenda-tenda penjual makanan dan buah, ane beli disitu rasa lumayan harga na standar.
Makanan-makanan di Kota Tua rata-rata standar sih ada juga yang enak tapi bukan PRO.

Es buah jadi media kita sambil berbincang dan berbagi cerita. Fasilitas duduk-duduk di Menara Syahbandar iki cocok banget buat teman yang jarang ngumpul. Langit mulai meradang senja. The next objek kita PELABUHAN SUNDA KELAPA sepertinya tidak bisa kita lanjutkan, kasihan si Kira dan alasan lain si tukang sepeda yang ngejar-ngejar kita disuruh cepetan dipulangin sepeda na. So kita putuskan untuk kembali ke balai kota.
Langit senja menemani perjalanan pulang.... Waaah Kira juga dah cape yah...

Sepeda dipulangkan, sempet adu urat sama abang na lantaran kasih sewa tinggi, buseey dia minta 1 sepeda 60rb. Dan ane lasung bilang ajah dah OK 60rb buat berdua. Lasung ngaciir hehehe.
Memang biasa na ane sigitu kok... Si abang na ajah yang curi-curi kesempatan...

Pulang kali iki kita naik buswey. Walau sempet lama nunggu na dan menambah kepegelan kaki kita. Gaga cukup di halaman Menara Syahbandar tadi, di buswey pun kita kembali bercerita, lanjuuut sampe makan malam di dcost blokm square.

Waah kira makan na ampe lahap! Kecapean doi... Makan yang banyaak yaa biar gag masuk angiin.

gag terasa sudah jam 9 malam lebih. Jujur nih kaki dah pegel gile, akhirnya kita sudahi pertualangan kita...
Bye ageents... Lain kesempatan kita berjumpa, kita berpetualang geh...



Jyaaa ne cay, rain, kiraaa....MUAACH!


Satu Visi dengan mama
ayo tahan! kita berdua tidak boleh jatuh!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar