Sabtu, 09 November 2013

Opung Da Jejak Lajah Wisata Ciwidey Bandung 31 Agustus - 01 September 13


Huaaa akhir na tertunai juga janji ane sama emak buat explor wisata Ciwidey...


Yak melalui tulisan iki ane mencoba memantabkan memory slama berexplor ria disana. Biasa na ane klo mengexplor wisata slalu ber-backpacker ways, lain hal klo ane gandeng emak nota bene ortu, yaa gaga sopan kan klo diajak bawa-bawa ransel ntar malah jadi dora de exploret lagii..hehehe, yaaa ane gaga nginep di home stay tapi ya vila,  ok lets start The story.


Dikarena ane karyawan ogah banget libur lama-lama, so ane menyusun jadwal sepadat mungkin. 


1. Rute perjalan jakarta bojong


Perjalanan ane mulai dari jam 12 malam sabtu menuju sabtu pagi. Karena pertimbangan pasti pagi sampe kopo, maka ane memutuskan pakai jalur kopo:

Tol jagorawi- Cikampek-Tol Purbaleunyi- Keluar Tol Kopo-Belok Ke kanan trus masuk ke Jalan Kopo-Bihbul- Sayati- Ktapang- Soreang_Pasirjambu_Ciwidey.

Akibat kakak ipar ane sang driver rada ngawang-ngawang makanya kita ampe 2 kali ke rest area... Yaa kita cari aman ajah, sebab ane bawa rombongan yang nota bene 1 kluarga ikih... Klo napa-napa kan ane jadi yatim piatu dah hehe...



Alhamdulilah walau banyak berhenti akhir na kita sampe dikopo sekitan jam 6-an pagi, iku pun rada macet tapi masih kategori level aman. Berbekal info-info di blog-blog akhir na kita menemukan tugu strawberry yang menandakan bearti kita gaga salah jalan, lanjooot joss na ooum !!! (sebutan abang ipar ane...)


Sebenar na pada malam na ane hampir pengen ngebatalin perjalanan sebab ada perasaan dan kejadian-kejadian aneh yang melanda di malem iku dan kejadian aneh berlanjut lho hingga perjalanan di tol sehingga bikin kita memutuskan rest ampe 2 kali...


2. Villa tempat penginapan


Walau sebenar na tgl ane pegi yakni 31 sept-1 sept adalah waktu yang aman buat cari penginapan 'in the spot', tapi ane lebih suka prepare. So ane cari villa dan dicompare dengan tarif hotel kamar. Dikarena ane bawa rombongan lenong so ane memutuskan sewa villa. Hasil ubek-ubek di internet akhir na ane dapet villa pribadi (1 rumah) tanpa nama dengan biaya 750rb permalam, klo hari biasa 500rb permalam, iki penampakan na....


Walau sempet merasa diboongin sang pemilik villa yang ternyata harus masuk ke daleeemmmmm gang sekitar 1 km dari jalan utama, tapi pas liat penampakan fisik villa rasa kecewa iku hilang dan malah merasa suasana na cocok. Kedatangan ane di villa sekitar jam 8 pagi....waaaaaa ane beserta rombongan merasa menemukan suasana lain, serasa masuk zona lain yang dimana para warganya bertumpu pada ladang mereka untuk menghidupkan keluarga mereka. Villa sewaan kami dikelilingin gunung dan bukit yang terhampar perkebunan-perkebunan. Serasa maen fams di Ef Be yang orang-orang na pada bertani hehehe.... Senang ternyata ane gaga salah pilih, tuh ponakan-ponakan ane pada kegirangan lari sana sini, maklum norak orang pinggiran kota... Setelah sarapan so kita mulai explor na...




3. Kawah putih


Kita start dari villa jam 9 pagi. Perjalanan keluar dari villa menuju jalan utama merupakan pemandangan dan suasana yang ajiiiib, para ponakan ane yang kecil asik menunjuk nunjuk kebun satu dan satu lagi : itu pohon strawberry, itu pohon daon bawang, noh seledri, etee ada kol, noh apaan te?. Ditambah lagi hilir mudik para pengangkut hasil panen ke mobil dan grobak-grobak, aiihhhhh.... Fresh!!!


Setelah 15 menit perjalan akhir na rombongan sampe digerbang kawah putih.


Tiket kawah putih
Harga tiket untuk masuk beserta ontang-anting Rp. 28.500 / orang. Harga tersebut juga berlaku untuk anak-anak. So gaga ada potongan harga bagi anak-anak semua na rata. Namun kami ditawarkan membayar Rp. 255.000 total semua dan mobil bisa parkir diatas. Tung ngitung ngitung lebih hemat jika ane bayar yang tawaran 255rb. So ane pilih yang itu...
Ane sebenar na pengen liat tarif jelas na, sehubungan ane dibelangkang plus berhimpitan (maklum mobil avanza dipadetin hingga 10 orang muat) jadi susah liat tarif. 



Setelah kurang lebih 15menit melewati jalur jetcoster tingkat amatir hehehe akhir na kita sampe juga di pintu kawah putih. Sebelum masuk ke pusat kawah, Kita dihimbau pake masker apa lagi anak-anak. Harga masker yang biasa dijual 1000 disini jadi 5000. Bagi yang bawa rakyat sekompi berasa juga bayar na.


Selain masker kita juga dianjurkan untuk tidak berlama-lama berada dipusat kawah max 15 menit duang. 

Sebelum masuk ada hal yang menarik perhatian ane... 

Saung kecapi... Udara segar dan keceriaan para ponakan ane, menjadikan alunan kecapi yang dipetik terasa nyamaaaan banget, bikin ane mager (males gerak) mejeng di depan saung.
Et et pengexploran hrs berlanjut, yaa kita masuk ke pusat kawah melalui tangga ini



Dan terpampang na view yg amaat menawan iki


Yaa gaga ragu lagi utk bernasis riaa...!!!


Eh ane pernah kira klo neh aer kawah putih iku panas, ternyata! Dingiiin hehehe


Lagi asik na jln2 tahu-tahu ane jatuh...bah! Akibat na kaki ane sukses terendam lumpur belerang...




Disekitar pusat kawah ternyata ada sebuah gua, nama na gua belanda. Konon jaman kolonial dulu tuh gua dijadikan pintu utama pengambilan belerang. Kita gaga boleh lama-lama didepan gua iku bisa pusing dan mual-mual bau na nyengat banget!. Bayangin dulu yang gali neh gua gimana yee sengsarana mereka menghirup belerang iki...
Kawah putih ini berada digunung patuha yang terbentk akibat meletus na gunung tersebut. Maka na jadi view yang amat memanjakan mata dimana kawah berwarna telur asin bertanah putih yang dikelilingi hijaunya pepohonan hutan patuha. Ajib dah, liat gan piku2 ane...










Tapi pohon yg  kerendam aer belerang iki pasti mati macam iki...




Yaaaa puas sudah bernasis ria, kita akhirnya mensudahi mengexplor kawah indah iki. Ternyata bernasis ria iku menguras banyak energi juga, nyeram dulu... Nyemil rame2!


Yak waktu ke pengexploran selanjutnya.... Yeey, Asik neh kluar na menuju jalan utama, sual na dah kebayang iki seru na naik mobil lintas jetcoster...

Next round  Opung Da Jejak Wisata Ciwidey Part 2

Kebersamaan mampu menyokong luasnya langit menjadi biru

Tidak ada komentar:

Posting Komentar